7 AMALAN SUNNAH DI BULAN RAMADHAN YANG BISA MENAMBAH PAHALA

 7 AMALAN SUNNAH DI BULAN RAMADHAN YANG BISA MENAMBAH PAHALA


    Yogyakarta -  Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan. Banyak orang yang berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan guna mendapat pahala. Berikut beberapa amalan sunnah yang bisa dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan.


1. Puasa

Rasulullah SAW bersabda :

"Barang siapa yang berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka Allah akan menghapuskan dosanya yang telah lalu." (HR Bukhari dan Muslim).

2. Membaca Al-Quran

Allah SWT berfirman :

"Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)." (QS. Al Baqarah : 185)





3. Memperbanyak Sedekah

Ali bin Abi Thalib pernah berkata:

 “Barang siapa mengeluarkan sedekah kepada orang miskin, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan menyediakan balasan untuknya berupa kebebasan, sebagaimana bebasnya Nabi Ismail as dan penyembelihan."


4. Sholat Tarawih dan Witir

Rasulullah SAW pernah bersabda:

 “Sesungguhnya Allah telah menfardhukan puasa Ramadhan dan aku telah mensunahkan shalat di malam harinya. Karena itu, barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat di malam harinya karena iman dan mengharap pahala dan ridha dari Allah. Maka, keluarlah dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Tirmidzi).


5. Perbanyak Istighfar

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghapus dosa di masa lalu yaitu beristighfar sebanyak mungkin.


6. Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah bersabda:

 “Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Bukhari).


7. Melakukan I'tikaf

Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

 “Aku pernah melakukan i’tikaf pada sepuluh hari Ramadhan yang pertama. Aku berkeinginan mencari malam lailatul qadar pada malam tersebut.

Kemudian aku beri’tikaf di pertengahan bulan, aku datang dan ada yang mengatakan padaku bahwa lailatul qadar itu di sepuluh hari yang terakhir. ‘Siapa saja yang ingin beri’tikaf di antara kalian, maka beri’tikaflah,’. Lalu di antara para sahabat ada yang beri’tikaf bersama beliau.” (HR Bukhari).


Itulah 7 (tujuh) amalan sunnah yang bisa anda kerjakan di waktu bulan Ramadhan. Adapun amalan-amalan sunnah lainnya juga bisa anda kerjakan baik itu di waktu bulan yang penuh ampunan ini ataupun di bulan-bulan lain. Tidak ada salahnya dan bahkan anda bisa mendapat pahala asalkan melakukannya dengan ikhlas dan sesuai syariat islam. 

Share this: